Desain Kota Baghdad yang sangat rapih

Assalamualiakum

Iseng-iseng tadi saya mencoba melihat kota Baghdad dari Google Earth, subhanallah ternyata sangat mirip dengan Adelaide yang memakai sistem Grid. Sangat teratur dengan grid yang ukurannya sama.

Jika Adelaide, tata kotanya didesain oleh Col. William Light---surveyor militer Inggris kelahiran Malaysia (yang theodolitnya dijadikan patung di taman sekitar CBD) pada sekitar tahun 1836, maka Baghdad didirikan pada tanggal 30 July 762 M oleh Khalifah Al Mansyur (Abbasiyah) . Bahkan lebih tua lagi sejak sebelum masuknya Islam.

Desain awal Kota Baghdad menyerupai Lingkaran dengan diameter awal 2 km.Di tengah lingkaran terdapat Masjid Besar dan Markas militer kekaisaran Abbasiyah. Ternyata sistem lingkaran merupakan penjabaran kebudayaan Kota-kota Persia Kuno sebagaimana Kota Firouzabad. Khalifah Abbasiyah menugaskan Naubakh (bekas penganut Zoroaster) dan Mashallah (dari Iran).
Plan of the circular city of Baghdad (c. 766 AD) by Caliph Al-Mansoor: the innermost circle had a diameter of 2000 yards. The four gates led to Khorasan (NE), Basra (SE),
Kufa (SW) and Syria (NW)

Persamaan antara Baghadad dan Adelaide adalah pusat kota berada ditengah. Yakni adelaide memiliki CBD yang dikelilingi taman (dari South Terrace, North Terrace, East hingga West Terrace, sedangkan Baghdad memiliki pusat kota berupa lingkaran berupa Monumen Syuhada berdampingan dengan taman-taman. Persamaan yang lain adalah Adelaide memilki Torrens River dan Baghada memiliki Tigris River

Sedangkan perbedaannya adalah jalan-jalan di Adelaide didesain mengikuti arah mata angin. Ini membuat kita bisa mengukur dengan benar arah utara dan selatan berdasarkan arah jalan-jalan utama. Persis dengan arah mata angin. Mungkin karena desainer adalah surveyor. Kalau kita ingin mengarah kiblat sangat gampang, tinggal mencari arah sejajar jalan North Terrace (misalnya) dengan menggeser beberapa derajat.

Perbedaan lainnya: Baghdad sangat padat dengan penduduk sekitar 7 juta sedangkan Adelaide 1,2 juta jiwa.

Baghdad dijuluki House of Wisdom karena pernah menjadi pusat Ilmu pengetahuan dan melahirkan banyak cendikiawan dan ilmuwan yang diakui oleh dunia. Kebudayaan dan peradaban di Baghdad kemudian banyak ditularkan ke Eropa hingga melahirkan Renaiissance di abad pertengahan.

HOWEVER, Baghdad sekarang tingggal sejarah dan makin porak poranda oleh pendudukan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Hancur oleh fitnah dan pertikaian antara Syiah dan Sunni yang selama 1500 tahun dulunya hidup damai. Baghdad kota seribu satu malam.

Meminjam lirik lagu Bengawan Solo..(ciptaan Gesang)..."oh Kota Baghdad..riwayatmu dulu..."

Wallahu A'lam Bisshawab


Ardy
The North Terrace Campus
Sumber: Mail-list IRISA

Labels:

0 Comments:

<< Home